9 perbedaan antara blog dengan website - Mata Penjelajah

Selasa, Maret 28, 2017

9 perbedaan antara blog dengan website



website menurut wikipedia.
situs web atau website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada praktiknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersial tertentu.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

blog menurut wikipedia.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

setelah membaca penjelasan di atas, dapat di simpulkan bahwa web dan blog memiliki definisi yang berbeda, berikut perbedaan blog dan website yang paling menonjol.


1.dari jenis website itu sendiri


2.dari segi domain

untuk membuat website kita harus menyewa hosting, hosting ini berguna untuk menyimpan semua informasi yang akan di tampilkan oleh halaman web dan untuk membeli domain .com, .net, dll kita harus menyewa hosting bulanan/tahunan.
sedangkan untuk membuat blog, kita tidak membayar alias gratis.

3.dari segi tujuan.
pada awalnya blog hanya di tunjukan untuk memudahkan orang untuk berbagi perasaan dan menuliskan catatan pribadi, atau bisa di bilang blog merupakan Diary Online, namun seiring berkembangnya waktu, blog di manfaatkan oleh banyak orang untuk media bisnis.
sedangkan website memang sengaja dibuat oleh pemiliknya untuk tujuan komersial.

4.dari segi coding atau bahasa pemrograman
kamu tidak harus menjadi seseorang yang jago coding untuk membuat sebuah blog, cukup dengan belajar dasar-dasar bahasa coding seperti .css .js kamu sudah bisa membuat sebuah blog.
berbeda dengan website, untuk membuat website kamu di wajibkan untuk menguasai ilmu bahasa pengkodean.

5.dari segi penggunaan
blog memberikan kemudahan untuk kita dalam berinteraksi, kita tidak perlu membuat database untuk ruang kerja, cukup dengan membuat blog, instal template, blog siap untuk di publikasikan.
berbeda dengan website, untuk membuat ruang admin kamu harus membuat database terlebih dahulu.

6.dari segi konten
satu blog dapat berisi berbagai macam topik, dan blog yang membahas banyak topik di namakan blog gado-gado sedangkan blog yang hanya membahas satu topik dinamakan blog niche.
sedangkan kebanyakan website hanya membahas satu topik.

7.dari segi homepage atau beranda
homepage blog dan website sangat berbeda, homepage blog di banjiri dengan artikel-artikel yang sudah di posting, sedangkan homepage website mejelaskan secara rinci tentang tujuan website, ini bertujuan untuk mengenalkan produk yang di tawarkan oleh website kepada pengunjung.


8.waktu update
biasanya para blogger akan update artikel di waktu-waktu yang padat pengunjung, antara pukul 07-00 sampai 12-00, tergantung dari pemilik blog mau update jam berapa?
sedangkan untuk website, untuk update artikel tidak ada batasanya.

9.search engine
jika kita mencari artikel tertentu di search engine, kebanyakan yang muncul artikel dari dalam blog?
itu karena apa? karena isi blog terus berubah, dan mesin pencari lebih banyak melakukan pencarian blog ketimbang website, karena website statis memiliki pencarian yang terbatas.


nah itulah beberapa perbedaan blog dengan website yang paling menonjol.
semoga artikelnya membantu dan memberikan wawasan baru.
jangan lupa tinggalkan jejak.

sumber : wikipedia.org
Blogger - 1
Disqus
Utamakan Berkomentar Yang Baik

1 komentar

wuah.. baru tau saya.
ternyata ini inti intinya dari perbedaan keduaany.!

Balas

Berkomentarlah yang baik, sopan dan ramah.
jangan berkomentar
#Menggunakan kata-kata yang kasar/tidak sopan
#Berbau sara, p*rn*, menghina
#Mencantumkan link aktif
#spam
#promosi/
utamakan menjaga kesopanan sesama pengguna internet, blog ini di kembangkan untuk belajar dan menjalin tali silaturahmi.
~Terimakasih kunjunganya, berikan kritik dan saran jika ada yang salah~

Adbox