Tips blog : Belajar Menulis artikel Agar Di Sukai Oleh Pembaca - Mata Penjelajah

Rabu, April 26, 2017

Tips blog : Belajar Menulis artikel Agar Di Sukai Oleh Pembaca

Tips Belajar Menulis Untuk Blog Agar Di Sukai Oleh Pembaca

tips blog : pasti banyak orang yang bisa membaca tapi belum bisa menulis artikel yang bagus, termasuk saya.

seperti apa sih artikel yang bagus dan enak untuk di baca?
dalam pandangan pribadi saya, ketika saya membaca artikel di blog maupun di website, artikel yang bagus itu, artikel yang pendek tapi kaya akan informasi, mudah di mengerti dan tulisanya tidak di singkat-singkat.
saya sendiri belum bisa menulis artikel yang bagus.
tapi saya berusaha untuk bisa menulis artikel berkualitas yang kaya akan informasi.
menulis artikel yang bagus itu sulit, bahkan sangat sulit bagi orang seperti saya, butuh ketekunan, kesabaran dan keyakinan.

baca : Belajar Menulis Artikel Blog Untuk Pemula.

yang namanya belajar mana ada sih yang langsung pintar, semua itu butuh proses, seiring berjalanya waktu kalau sudah terbiasa pasti akan terasa mudah dan gampang untuk di kerjakan?
lewat artikel ini saya bukanya mau berbagi tips, karena saya sendiri juga belum bisa menulis artikel yang bagus, tidak ada salahnya kan saya mencoba untuk membantu kamu menulis artikel yang bagus yang saya dapat dari pengalaman pribadi saya selama saya beraktivitas di dunia blogger dan tidak ada maksud untuk menggurui atapun mengajari.
pasti bakal ada yang bertanya, kenapa saya mau membagikan pengalaman saya ke publik?
jawabanya singkat, karena saya ingin mendapatkan banyak wawasan, banyak teman dan yang paling terpenting adalah ilmu yang bermanfaat untuk diri saya dan juga orang lain.


buat kamu yang mau belajar menulis, saya akan memberikan saran sama kamu, gimana sih biar artikel yang sudah kita buat di sukai oleh pembaca?

baca : Seperti Apa Sih Artikel Yang Di Sukai Oleh Mesin Pencari?

tapi sebelum itu, kamu harus tau dulu, seperti apa sih artikel yang bagus dan berkualitas?
  • ARTIKEL ASLI TULISAN SENDIRI/ORISINIL
  • ARTIKEL YANG PENDEK NAMUN KAYA AKAN INFORMASI
  • ARTIKEL YANG MEMBERIKAN SOLUSI/JAWABAN
  • ARTIKEL DEGAN PENATAAN KATA YANG RAPIH DAN SOPAN
  • ARTIKEL DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA YANG SEDERHANA DAN MUDAH UNTUK DI MENGERTI/PAHAMI.
  • Dll.



jika kamu menulis untuk blog maupun website tulisan kamu harus wajib memenuhi kriteria di atas.
untuk memudahkan kamu dalam belajar menulis, di bawah ini saya akan memberikan saran sama kamu supaya kamu bisa fokus sama perkembangan bakat menulismu, simak baik-baik ya.
  • LUPAKAN TUJUAN BLOG
lho kok melupakan tujuan blog.
jangan salah tangkep dulu, yang saya maksud dengan melupakan tujuan blog disini adalah, jika kamu belum bisa menulis tapi sudah punya blog, yang harus kamu lakukan adalah, kamu harus fokus sama belajar menulismu.
kenapa saya memberikan saran MELUPAKAN TUJUAN BLOG?
karena dalam pengalaman pribadi saya, saya banyak menjupai blogger pemula yang hanya sibuk mementingkan kuantitas dari pada kualitas.
contohnya, sibuk mengurus tampilan dan sibuk belajar SEO, itulah sebab mengapa saya memberikan saran untuk melupakan TUJUAN BLOG.
fokuslah untuk perkembangan bakat menulismu dulu, jika kamu sudah bisa menulis kamupun akan lebih mudah untuk meriset keyword/kata kunci.
  • MEMBACA BANYAK INFORMASI
ada yang pernah bilang kalau ingin bisa menulis harus membaca artikel 1 topik yang paling kita sukai, enggak juga ahk, malah saya anggap orang yang mengatakan itu sama saya mau menyesatkan saya. hehehe.
di artikel sebelumnya memang saya mengatakan untuk membaca artikel yang paling kita sukai itu karena saya menyukai banyak informasi dari mulai informasi komputer, internet, dll, intinya saya ingin mendapatkan banyak wawasan, jadi enggak tertuju pada 1 topik tertentu.
dengan membaca banyak informasi juga akan memberikan banyak refrensi dan ilmu, jadi kita bisa dengan mudah menemukan ide untuk artikel yang hendak kita buat.

  • MEMULAI MENULIS DENGAN GAYA BAHASA SENDIRI

jika sudah menemukan refrensi untuk artikel yang mau kamu tulis, mulailah menulis dengan gaya bahasa kamu sendiri, gunakanlah bahasa yang sopan dan jangan di singkat-singkat.
menulislah seolah-olah kamu sedang berbicara dengan pembaca, mulailah  dengan gaya bahasa yang santai.
hindari mengulang kata - kata dan gaya penulisan yang kaku.
jika mengalami kesulitan, bacalah kembali informasi yang akan kamu jadikan sumber refrensi untuk artikel kamu, lakukan terus menerus sampai kamu bisa menyelesaikan satu artikel.


  • MEMBACA ARTIKEL YANG SUDAH JADI

baca kembali tulisan yang sudah kamu tulis berulang-ulang sampai menurut kamu sudah bagus dan rapih.
masa belajar pasti banyak sekali kesalahan, dari mulai tulisan terlihat kaku dll.

  • MEMINTA TOLONG TEMAN UNTUK MENGOREKSI ARTIKEL

jika menurut kamu tulisan kamu sudah terlihat bagus, mintalah bantuan teman untuk mengoreksi tulisan kamu.
enggak perlu teman yang pandai menulis, suruhlah teman kamu untuk membaca sampai selesai dan mintalah saran untuk artikel kamu.

  • MEMBACA KEMBALI ARTIKEL YANG SUDAH DI KOREKSI TEMAN

walaupun tulisan kamu sudah di koreksi sama teman kamu, kamu jangan lupa untuk membaca ulang sebelum memposting ke blog, jika nanti sudah di posting ada kata yang kurang kamu sendiri yang repot.

sekian dulu artikel kali ini, saya hanya berbagi pengalaman, semoga membantu dan bermanfaat.
saling berbagi itu ibadah, semoga dengan artikel yang singkat ini, kita semua mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru.
terimakasih sudah menyempatkan mampir ke blog MATA PENJELAJAH dan membaca artikel ini. jangan lupa tinggalkan jejak.
Blogger - 5
Disqus
Utamakan Berkomentar Yang Baik

5 komentar

mantap lah infonya gann

Balas

Sangat bermanfaat sekali gan thanks

Balas

Tipsnya sangat berguna untuk pemula seperti saya gan.. terima kasih..

Balas

Berkomentarlah yang baik, sopan dan ramah.
jangan berkomentar
#Menggunakan kata-kata yang kasar/tidak sopan
#Berbau sara, p*rn*, menghina
#Mencantumkan link aktif
#spam
#promosi/
utamakan menjaga kesopanan sesama pengguna internet, blog ini di kembangkan untuk belajar dan menjalin tali silaturahmi.
~Terimakasih kunjunganya, berikan kritik dan saran jika ada yang salah~

Adbox