Belajar Menulis Artikel Blog Untuk Pemula - Mata Penjelajah

Rabu, April 26, 2017

Belajar Menulis Artikel Blog Untuk Pemula

2 tahun yang lalu, saya pernah di tanya sama teman di fb, yang katanya suka sama tulisan saya dan tertarik untuk menulis di blog.
padahal blog saya isinya cuma pengalaman pribadi sama  beberapa artikel tentang blog?

Teman : "mas, bagi tipsnya dong, saya pingin punya blog kaya punyanya mas, tapi aku belum bisa nulis mas, ajarin nulis dong mas"
Saya : "aduh mbak, saya enggak bisa nulis, nulisnya aja masih acak-acakan, saya nulis di blog cuma sekedar iseng"
Teman : "tapi tulisan mas bagus, saya suka mas. ajarin saya nulis mas.. please.."
Saya : "baiklah mbak, tapi saya cuma berbagi pengalaman saja ya mbak, kalau mbak pngin jadi penulis handal, mbak minta ajarinya sama Bpk. Taufiq Ismail, hehe.."
Teman : "makasih ya mas, mas baik deh"

Belajar Menulis Artikel Blog Untuk Pemula

lewat artikel ini saya hanya mau berbagi pengalaman bukan membagikan tips, karena saya tidak tau apa saja tips agar bisa menjadi penulis handal?
enggak ada salahnya kan saya berbagi pengalaman, siapa tau bisa membantu yang lagi membutuhkan?
saya menulis artikel ini khusus untuk pemula dalam dunia blog, dan belum bisa menulis artikel yang rapih.
walaupun banyak sekali artikel yang membahas tips agar bisa menjadi penulis hebat, entah kenapa saya merasa terpanggil untuk membagikan pengalaman saya kepada pembaca blog saya, walaupun saya sendiri juga masih pemula?
yang jelas alasan saya berbagi pengalaman, karena saya ingin memanfaatkan blog saya untuk menambah teman dan juga menambah ilmu.

apa saja pengalaman saya selama belajar menulis?

hal pertama yang saya lakukan adalah "MEMBACA", apa yang saya baca?
saya membaca artikel yang saya sukai.
buat kamu yang juga mau belajar menulis, saya sarankan untuk membaca artikel yang paling kamu sukai sebelum memulai menulis.
dengan membaca kamu juga akan menemukan ide untuk artikel yang akan kamu buat.


kedua.

selesai mebaca, sayapun belajar menulis sendiri, dengan gaya bahasa sendiri.
dan biasanya saya mengalami kesulitan pas di tengah-tengah, bingung menemukan kalimat penjelas untuk topik tulisan yang sudah saya buat.
istirahat sejenak dengan bermain game 10 menit untuk ngrefresh otak, kemudian lanjut lagi belajar menulis.

ketiga.
meminta bimbingan teman.
saya di bantu teman lewat facebook, kalau saya mengalami kesulitan dalam penataan bahasa, teman saya memberikan saran kepada saya.

keempat.

membaca kembali tulisan yang sudah jadi berulang-ulang.
sebelum saya meminta teman untuk mengoreksi tulisan saya.
saya membaca tulisan saya berulang-ulang, sampai saya rasa tulisan saya sudah bagus.

kelima.

meminta bantuan teman untuk mengoreksi tulisan saya yang sudah jadi.
enggak harus teman yang jago menulis, minta saran sama siapa saja? yang penting ikhlas mau membantu.

keenam.

membaca lagi tulisan yang sudah di koreksi teman.
saya selalu membaca kembali tulisan saya walaupun sudah di koreksi sama teman saya.
dengan membaca ulang, saya juga bisa menemukan ide untuk artikel selanjutnya yang akan saya tulis.

dan saran saya untuk kamu yang mau belajar menulis, mulailah dari membaca artikel yang paling kamu sukai, kemudian cari kata-kata sendiri untuk artikel yang akan kamu buat.
menulis lah dengan gaya bahasa kamu sendiri, jangan meniru gaya orang lain, karena kesuksesan kita sendiri yang menentukan dan jangan lupa meminta bantuan teman untuk mengoreksi tulisan yang sudah kamu buat. Jadikan tulisan sebelumnya hanya sebagai referensi untuk tulisan yang akan kamu buat selanjutnya.
tips dari teman agar bisa menulis yang baik dan bagus.
  • MEMBACA ARTIKEL YANG PALING KAMU SUKAI.
  • MULAI MENULIS DENGAN GAYA BAHASA KAMU SENDIRI.
  • MEMBACA TULISAN YANG SUDAH JADI BERULANG-ULANG.
  • MEMINTA BANTUAN TEMAN UNTUK MENGOREKSI TULISAN.
  • MEMBACA KEMBALI TULISAN YANG SUDAH DI KOREKSI TEMAN.
itulah pengalaman saya, selama saya belajar menulis.
dan buat kamu yang mau belajar menulis enggak ada salah mengikuti cara yang saya lakukan.
dan saya enggak ada maksud untuk menggurui, karena saya juga masih pemula.
saya hanya berbagi pengalaman, jika kamu masih bingung atau memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun.
Blogger - 0
Disqus
Utamakan Berkomentar Yang Baik

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang baik, sopan dan ramah.
jangan berkomentar
#Menggunakan kata-kata yang kasar/tidak sopan
#Berbau sara, p*rn*, menghina
#Mencantumkan link aktif
#spam
#promosi/
utamakan menjaga kesopanan sesama pengguna internet, blog ini di kembangkan untuk belajar dan menjalin tali silaturahmi.
~Terimakasih kunjunganya, berikan kritik dan saran jika ada yang salah~

Adbox