Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Sebelum Mendaki Gunung - Mata Penjelajah

Jumat, Januari 27, 2017

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Sebelum Mendaki Gunung

 
perlengkapan mendaki
perlengkapan mendaki


Apa yang ada dalam benak kamu, jika ada seorang teman yang mengajak kamu untuk pergi mendaki gunung untuk mengisi waktu liburmu? Sedangkan kamu sendiri belum pernah sama sekali mendaki gunung.



Sudah pasti kamu akan mencari alasan menolak ajakan tersebut, atau malah sebaliknya, dengan girangnya kamu langsung menerima ajakan teman kamu itu.

Pergi mendaki gunung itu cukup berbeda dengan jenis liburan lainya yang mungkin hanya sekedar pergi kepantai atau pergi ke sebuah wahana bermain. Yupz, karna bisa kamu bayangkan sendiri perjalanan yang harus di tempuh dengan medan yang cukup sulit dan sudah pasti kita tidak akan menemukan semua kebutuhan yang kita inginkan selama melakukan pendakian.

nah, maka dari itu buat kamu yang baru pertama kali pergi mendaki gunung, alangkah baiknya kamu mempersiapkan segala perlengkapan dan kebutuhan mendakimu dengan ...., karena ini penting dan wajib.

kegiatan mendaki biasanya dilakukan secara berkelompok, maka perlengkapan yang di persiapkan pun di bagi menjadi 2, yaitu: perlengkapan pribadi dan perlengkapan individu. Perlengkapan individu biasanya di bawa untuk mendukung keperluan dan kebutuhan kita selama perjalanan. sedangkan perlengkapan kelompok biasanya perlengkapan yang wajib atau harus ada dalam setiap kelompok. Berikut ini daftar perlengakapannya:

PERLENGKAPAN KELOMPOK

1.      Dome (Tenda)

Perlengkapan kelompok yang sangat harus untuk dibawa. usahakan dome yang di bawa sesuai dengan jumlah anggota rombongan yang mendaki.

2.      Logistik/makanan

Logistik merupakan salah satu hal yang wajib dan kudu di bawa, karna pastinya kita tidak akan menemukan restoran atau warung makan selama di perjalanan. So, kita harus mempersiapkan dan membawanya dari bawah. Banyaknya makanan di bawa sesuai dengan jumlah anggota.  jangan sampai kurang tapi juga jangan terlalu belebihan, karna sesuatu yang berlebih itu tidak baik guys. Logistik yang bisa dibawa antara lain beras, roti, air mineral, kopi (wajib), gula, teh,susu, sarden kaleng, mie instan, telur rebus, buah-buahan,dll (yang sekiranya kalian perlukan)

3.      Obat-obatan

Untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu selama perjalanan kita bisa membawa kotak p3k, dan hal lain yang bisa dibawa misal salonpas (untuk jaga-jaga kalo hidung kita terasa mampet), madu (untuk menjaga stamina kita selama perjalanan).

4.      Peralatan memasak

Untuk memasak losgistik yang sudah kita bawa pastinya kita juga memerlukan Peralatan memasak bukan? peralatan ini standarnya berupa kompor (jika bisa yang kecil, biar tidak memberatkan), Nesting, Gas dengan tabung kecil (bukan yang ukuran 3kg si hijau melon itu ya,hehehe), Korek api. Bisa juga sobat membawa Trangnya, ini alat masak yang paling simpel dan lengkap. Dibilang simpel karena tidak memakan banyak tempat, dibilang lengkap karena memang lengkap (tempat goreng, tempat nanak nasi, tempat rebus air).

5.      Peralatan navigasi

misalnya kompas, berdasarkan pengalaman pribadi sewaktu melakukan pendakian dan tak satu pun dari kami yang membawa kompas akhirnya kami pun bingung untuk menentukan dimana arah kiblat, tapi ya sudah lah ya yang penting niatnya lillahita’alla,hehehe.


perlengkapan mendaki
perlengkapan mendaki

PERLENGKAPAN PRIBADI

1.      Carriel atau Ransel

Carriel merupakan peralatan yang paling wajib bin banget. kenapa? karna kalo ga bawa carriel gimana mau membawa perlengkapan yang lain. jadi jangan sampai lupa di bawa ya guys. pilihlah tas yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. jika kamu ga punya carriel jangan bingung karna kamu juga bisa menyewa tas jenis ini di tempat penyewaan perlengkapan mendaki.

2.      Sleeping Bag

tidur menggunakan sleeping bag membuat kita terlihat seperti ulat yang sedang berubah menjadi kepompong,hahaha. tapi tanpa benda satu ini kamu di jamin ga bisa tidur guys. karna dinginya hawa gunung yang menusuk tulang membuat kita tidak hanya sekedar memerlukan jaket semata untuk tidur.

3.      Matras

Matras gunung kegunaannya untuk landasan duduk atau landasan untuk tidur. Selain itu juga bisa untuk membuat tas carrier berdiri agar mudah untuk memasukan barang-barang.

4.      Jaket Gunung

barang satu ini sudah pasti wajib di kenakan saat mendaki gunung. Gunakanlah jaket yang sekiranya ringan, nyaman, tahan air, dan menghangatkan tentunya. karna sudah pasti digunung hawanya akan sangat – sangat dingin guys terutama di malam hari

5.      Sepatu atau Sandal Gunung

gunakanlah sepatu gunung atau sandal gunung yang memang didesain khusus untuk menerjang medan becek, lumpur, basah, berdebu dan didesain khusus pula untuk trek menanjak. kedua benda itu memiliki manfaat yang sama hanya saja kalau sandal gunung tidak menutupi seluruh bagian kaki. ingat! jangan pakai sepatu kets atau yang lain ya guys, karna medan di gunung itu berbeda jadi pakailah sepatu atau sandal yang memang khusus di desain untuk mendaki.

6.      Pakaian Ganti

usahakan bawalah pakaian ganti baik baju maupun celana.kenapa? untuk mengantisipasi kalau bajumu basah guys. apalagi jika kamu melakukan pendakian saat musim hujan. apabila kita mengenakan baju basah saat tidur, itu bisa menjadi salah satu pemicu hipotermia di gunung.

7.      Headlamp atau Senter

Karna jalan di gunung itu tidak terdapat penerangan jadi benda satu ini wajib di bawa guys. Apalagi bila kalian melakukan pendakian di malam hari. nah selain sebagai penerang saat perjalanan senter atau headlamp juga digunkan sebagai alat penerangan di dalam tenda. Pilihlah headlamp yang nyaman di kepala, karena apabila tidak nyaman bakalan bisa bikin pusing.

8.      Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Bagian paling sensitif pada tubuh adalah telapak tangan dan telapak kaki. Sehingga jika pada suhu dingin namun telapak tangan kita terjaga suhunya maka tubuh juga akan menyesuaikan, begitu pula sebaliknya. Tips bawalah dua sarung tangan. Satu yang biasa dipakai saat mendaki. Yang kedua yang tebal dipakai saat tidur. Saat melakukan pendakian sarung tangan di butuhkan untuk melindungi telapak tangan kita saat berpengangan pada akar pohon apabila saat berada pada medan yang sulit.

9.      Jas Hujan

Karna cuaca di gunung itu tidak dapat diprediksi maka jas hujan menjadi salah satu hal yang wajib dibawa jika melakukan pendakian baik saat musim hujan maupun kemarau. Gunanya tentu untuk jaga-jaga jika hujan turun dan sebagai pelapis kedua menjaga tubuh dari terpaan angin dan suhu dingin.

10.  Peralatan MCK

Karna digunung tidak ada kamar mandi pastikan kalian selalu bawa tisu basah saat mendaki gunung. untuk kegunaannya ga perlu di jelaskan lagi kali ya,hehehe. jika kalian lupa bawa sikat gigi dan pasta gigi, at least jangan lupa bawa mouth wash ya.

11.  Perlatan Make Up

Jadi bagi kalian terutama para ladies hal satu juga pasti menjadi barang wajib untuk di bawa. Seberat apapun medan yang ditempuh kalau sampai puncak pastikan kalian tetap tampil keceh ladies,hehehe....


Nah guys, ulasan diatas merupakan perlengkapan-perlengkapan yang wajib kalian bawa saat mendaki. Apalagi bagi yang masih pemula semoga ulasan kita diatas bermanfaat bagi kalian yang akan melakukan pendakian. oh ya guys ketika kalian melakukan pendakian jangan sampai lupa benda satu  ini, apa itu? KANTONG SAMPAH. Setelah kalian selesai melakukan pendakian usahakan jangan pernah tinggalkan sampah sekecil apapun. bawalah turun sampahmu, karna nyampah itu ga asyik guys. Cukup sekian ulasan dari kita, see you......
Blogger - 3
Disqus
Utamakan Berkomentar Yang Baik

3 komentar

wah yang pastinya sepatu yang cocok untuk mendaki, kalau makanan sih buatku urusan belakangan yang penting asik dijalan :D

Balas

OO gitu toh perlengkapannya,thanks gan

Balas

Berkomentarlah yang baik, sopan dan ramah.
jangan berkomentar
#Menggunakan kata-kata yang kasar/tidak sopan
#Berbau sara, p*rn*, menghina
#Mencantumkan link aktif
#spam
#promosi/
utamakan menjaga kesopanan sesama pengguna internet, blog ini di kembangkan untuk belajar dan menjalin tali silaturahmi.
~Terimakasih kunjunganya, berikan kritik dan saran jika ada yang salah~

Adbox