Konsep Dasar Dalam Belajar Bahasa Inggris - Mata Penjelajah

Kamis, Januari 19, 2017

Konsep Dasar Dalam Belajar Bahasa Inggris


Konsep Dasar Dalam Belajar Bahasa Inggris
Malam teman-teman, hari ini kita ingin memberikan materi awal/ materi dasar tentang pembelajaran Bahasa Inggris sebelum mempelajari materi utama seperti tenses dan yang lainnya. materi ini kita rangkum dalam konsep dasar dalam mempelajari Bahasa Inggris, ada tiga hal penting yang wajib kita ketahui dalam konsep dasar ini, yakni :

Pada Konsep Dasar Dalam Belajar Bahasa Inggris ini kita akan membahas satu persatu ketiga hal berikut. Dan berikut ini pejelasan yang akan kita berikan:



Konsep Dasar Dalam Belajar Bahasa Inggris
Mata Penjelajah

1.      WAKTU (TIME)

     
Dalam Bahasa Inggris bila kita akan menceritakan sesuatu sangat penting memperhatikan keterangan waktunya. Karna keterangan waktu sendiri akan mempengaruhi pola kalimat (Tenses) yang akan kita gunakan baik dalam speaking maupun writing. Berikut beberapa contoh kalimat yang mengalami perubahan:


Saat ini
Masa lampau
Masa yang akan datang
Simple present tense
Simple past tense
Simple future tense
S+ V1 + O
S + V2  + O
S+ Will + V1 + O
We drink a cup of coffee
We drink a cup of coffee last night
We will drink a cup of coffee tomorrow morning
     
 Nah disinilah letak perbedaan antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dalam kalimat Bahasa Indonesia tidak akan mengalami perubahan bentuk yang mendasar jika di beri keterangan waktu yang berbeda

2. GRAMMAR

Banyak orang mengatakan bahwa menguasai grammar merupakan hal yang sulit. Maka banyak orang yang beranggapan lebih baik belajar speaking dari pada grammar. padahal baik di dalam speaking maupun writing kita tetap memerlukan grammar. hanya dengan menyambung-nyambungkan vocab saja, mungkin sudah membentuk sebuah kalimat. Tapi apakah kalimat itu sudah benar?

Dalam Bahasa Inggris sendiri bila kita menggunakan grammar yang salah maka akan merubah arti dari kalimat ynag kita ucapkan/ tuliskan. Saat belajar grammar, kita diajarkan untuk menjadi komunikator, pendengar, pemikir, pembaca dan penulis yang baik. berikut beberapa penggunaan grammar yang salah beserta pembetulannya.

Salah
Benar
·         I am forget
·         I forget
Pembahasan : jangan menggunakan V1 berdampingan langsung dengan To be dalam satu kalimat. jadi kalau ada V1 , pasti tidak ada To be; kalau ada To be, pasti tidak ada V1.
·         teacher - teacher
·         teachers
Pembahasan : perlu diingat dalam Bahasa Inggris tidak mengenal adanya pengulangan kata, untuk bentuk jamak (plural), Bahasa Inggris hanya mengizinkan penambahan –s/es.


3.      VOCABULARY (kosa kata)

      Dalam belajar Bahasa Inggris hal terakhir ini juga memiliki peranan yang sanagt penting. dengan memiliki banyak vocabulary kita lebih mudah mengungkapkan isi fikiran kita baik secara lisan maupun tulisan. semakin sedikit kosa kata yang kita miliki semakin sulit pula kita memahami maupun mengungkapkan isi fikiran. Vocabulary memiliki banyak sekali macam, berikut beberapa contoh vocabulary dalam Bahasa Inggris, yaitu:

Verb (Kata Kerja)
Run, Sleep, Go, Swim
Noun (Kata Benda)
Flower, Book, Chair, Table
Adjective (Kata sifat)
Handsom, Diligent, Lazy
Adverb of Time (Keterangan Waktu)
Now, Recently, Ago

Nah sekian pembahasan kita kali ini, mungkin kamu sudah sedikit paham kan pentingnya ketiga hal di atas. Di pertemuaan berikutnya kita akan mengenal lebih jauh lagi berbagai macam tenses yang ada di dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat ya teman- teman, see you.......


Reference:

http://kampunginggris.id/pentingnya-belajar-grammar/

Amrullah, Maulana Karim. 2015. Mastery on English Grammar. Yogyakarta: Media Books

Blogger - 0
Disqus
Utamakan Berkomentar Yang Baik

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang baik, sopan dan ramah.
jangan berkomentar
#Menggunakan kata-kata yang kasar/tidak sopan
#Berbau sara, p*rn*, menghina
#Mencantumkan link aktif
#spam
#promosi/
utamakan menjaga kesopanan sesama pengguna internet, blog ini di kembangkan untuk belajar dan menjalin tali silaturahmi.
~Terimakasih kunjunganya, berikan kritik dan saran jika ada yang salah~

Adbox